TERLIBAT MEMULIHKAN CIPTAAN BERSAMA ALLAH TRINITAS

TERLIBAT MEMULIHKAN CIPTAAN BERSAMA ALLAH TRINITAS

Matius 28 : 16 – 20

Bacaan kita dari Matius 28:16-20 secara populer dikenal sebagai Amanat Agung. Dimana dalam bacaan tersebut memperlihatkan bagaimana saat itu para murid berkumpul  di Galilea, ke suatu bukit sebagaimana Yesus  perintahkan. Disana secara jelas Yesus memberikan perintah kepada para muridnya. Selain menjadikan semua bangsa muridNya, juga agar mereka melakukan segala sesuatu yang telah Yesus perintahkan.

Kita tahu bahwa menjadi murid Kristus berarti harus hidup meneladani Kristus yang adalah gambar Allah yang dengan kuasa Roh menghadirkan cinta, damai, keadilan, dan kehendak Allah. Namun dalam  situasi dan kondisi yang terlihat sulit saat ini, apakah kita bisa menghadirkan rasa cinta dan kasih kepada sesama? Ya, akan terasa sulit jika kita melakukannya dengan kekuatan kita semata. Namun kita tidak sendiri.

Hari ini kita diingatkan kembali bahwa sejak dunia diciptakan, Allah pun tidak berkarya sendirian. Ia senantiasa melibatkan ciptaanNya untuk berkarya bersamaNya membangun dan menata dunia. Termasuk ketika Allah bermaksud mewujudkan keselamatanNya pun, Ia mengambil rupa seoraang manusia dalam diri Yesus Kristus. Begitu juga ketika persekutuan para murid terbentuk dan menjadi awal berdirinya gereja yang akhirnya berkembang hingga saat ini, Allah melalui Roh Kudus melibatkan orang-orang percaya untuk berpartisipasi dalam mewujudkan maksud dan kehendakNya.

Untuk itu melalui minggu trinitas ini kita kembali diingatkan bahwa Allah telah memberikan tempat terhormat bagi manusia, bagi kita semua untuk terlibat dalam memulihkan dan memelihara serta mengembangkan karya ciptaanNya sebagai bagian dari perintahNya untuk kita lakukan. Tentunya kita tidak sendiri, dengan kekuatan Roh Kudus yang menghidupkan, kita akan mampu ikut serta dan berpartisipasi aktif dalam karyaNya di kehidupan ini, termasuk menghadirkan rasa cinta dan kasih kepada sesama yang membutuhkan pertolongan kita.

Selamat berbagi kasih dan cinta kepada sesama.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *