ROH KUDUS MENGUBAHKU

ROH KUDUS MENGUBAHKU

Kisah Para Rasul 10 : 34 – 43

        Petrus dan Kornelius  adalah dua pribadi yang berbeda, tidak hanya dalam  status sosial, tetapi  juga latar belakang,  asal  suku bangsa serta  budaya.   Dalam latar belakang mereka masing-masing konsep keselamatan sangatlah bertolak belakang.  Bagi Petrus, keselamatan hanya berlaku bagi terutama  orang orang Yahudi karena mereka adalah umat pilihan.  Hal inilah yang membuat Petrus sulit menerima Kornelius  yang berlatar belakang keyakinan yang berbeda.

Namun,   Petrus menerima penglihatan  dan gerakan Roh Kudus dalam hatinya, dan sungguh ajaib,  hati yang keras dapat berubah untuk dapat menerima Kornelius, orang asing  untuk juga dapat  menerima keselamatan (Kis 10: 9-23).

 Perbedaan dan kekerasan hati manusia hanya dapat disatukan oleh  kuasa  Roh Kudus yang dapat mengubah secara total cara pandang mereka dalam memahami maksud dan rencana Tuhan, untuk tugas  pekabaran Injil kepada segala bangsa.

Roh Kudus justeru bekerja melalui perbedaan untuk memperkaya wawasan rohani anak-anak Tuhan. Itulah sebabnya Petrus berkata, “Sesungguhnya aku telah mengerti bahwa Allah tidak membedakan orang. Setiap orang dari bangsa mana pun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya” (34-35).  Keselamatan tidak hanya menjadi milik sekelompok bangsa tertentu atau umat tertentu saja,  tetapi juga untuk segala bangsa yang percaya kepadaNya,  sampai kepada kita saat ini.

Roh Kudus  telah mengubah hidup Petrus dan Kornelius,  mereka telah menjadi saksi saksi Kristus bagi dunia, agar keselamatan yang  berasal dari  Allah  dapat didengar,  disaksikan dan kemudian dirasakan  oleh  segala bangsa.

Marilah  kita menundukan  diri kita di bawah kuasa Roh Kudus yang senantiasa mengerjakan perubahan yang baik dalam hidup kita. Hidup yang menjadi semakin berkenan kepada Allah, menjadi saluran berkatNya dimanapun Tuhan menempatkan kita.

Melalui karya Roh Kudus, Tuhan dapat mempertemukan pengalaman setiap orang, seperti yang telah disaksikan oleh Petrus dan Kornelius,   untuk dapat  saling meneguhkan, dan  saling memperkaya pengalaman rohani, sehingga  karya Roh Kudus dapat dinyatakan bagi semua orang.

Selamat hidup dalam  kuasa Roh Kudus yang dapat mengubah hidup kita.

Tuhan Yesus memberkati.

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of

wpDiscuz