PERCAYA ITU JUGA BERKARYA

PERCAYA ITU JUGA BERKARYA

Matius 25 : 31 – 46

          Pada bahan bacaan kita dari Matius 25 : 31- 46 ini adalah bagian akhir dari nubuat dan ajaran Tuhan Yesus tentang kedatanganNYA dan penghakiman akhir kelak. Beberapa hal penting yang ia tunjukkan. Pertama, seperti halnya Injil harus diberitakan ke sekalian bangsa, hari penghakiman kelak pun meliputi semua bangsa. Kedua, seperti halnya Injil harus direspons oleh masing-masing, demikian juga penghakiman itu akan berlaku untuk masing-masing orang, ketiga, bila dalam warta Injil Yesus datang sebagai Juru Selamat dalam kerendahanNYA, kelak ia akan datang sebagai raja dengan segenap kemuliaanNYA dan semua malaikatNYA. Ketika itu, keputusan akhir nasib kekal tiap  orang akan diambil.

          Atas dasar apakah keputusan kekal itu akan diambil? Bagian ini mengejutkan sekali. Tradisi Kristen Protestan mengajarkan bahwa kita selamat bukan karena perbuatan, tetapi karena IMAN kepada anugerah ALLAH. Hanya apabila orang menyambut Yesus dan karya penyelamatanNYA, orang bersangkutan akan selamat. Namun bagian ini kini seolah mengajarkan berbeda. Semua orang kelak dihakimi atas dasar perbuatan mereka. Mereka yang memiliki perbuatan kasih nyata kepada sesame, masuk kedalam kebahagiaan kekal. Sebaliknya mereka yang tak berbuat kasih dibuang ke dalam siksaan kekal.

          Karena itu jangan sekali-kali mengabaikan perbuatan nyata demi menekankan prinsip sola gratia. Namun jangan juga cepat menyimpulkan bahwa keselamatan adalah hasil amal. Yang TUHAN nilai layak bersama Dia ialah mereka yang melakukan perbuatan berjaga-jaga, mengembangkan talenta dalam keadaan melayani dst. Semua perbuatan itu menurut komentar Tuhan sendiri adalah perbuatan “untuk Kristus.” Hasil dari menerima penyelamatan dari Kristus adalah memeliki kasih Kristus dan memiliki kepekaan Kristus. Jadi hasil dari diselamatkan adalah Kristus hidup dan berkarya dalam hidup orang. Bila karya nyata itu tidak ada, maka masihkah kita beriman kepada Kristus? “ Iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati ” Yak 2:26b.

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of

wpDiscuz