MENJADI MANUSIA PASKA

MENJADI MANUSIA PASKA

Yohanes 20 : 1 – 18

Kebangkitan Kristus telah memberikan kuasa kepada Maria Magdalena, Petrus dan murid-murid Tuhan yang lain untuk bersaksi tentang Dia yang bangkit. Kebangkitan Kristus juga telah memberikan kuasa kepada Paulus yang telah dipilih menjadi rasul-Nya. Mereka tidak lagi hidup dalam kebimbangan namun hidup dalam kepastian. Paska berdampak pada tumbuhnya keyakinan dan keluasan cara pandang orang percaya, karena Allah telah menyatakan pengampunan dosa dan karya keselamatan bukan hanya kepada orang tertentu namun kepada semua orang.

Jika pada awal kisah dalam Injil Yohanes 20, Maria Magdalena mengatakan kepada murid-murid lainnya, “Tuhanku telah diambil orang”, setelah berjumpa dengan kebangkitan Yesus ia pergi kepada murid-murid yang lainnya dan berkata, “ Aku telah melihat Tuhan!” Ia menjadi manusia Paska, yaitu manusia yang memiliki pengalaman tentang kebangkitan dan telah membagikan pengalaman itu pada dunia. Dan itulah manusia berpengharapan.

Peristiwa itu bukan hanya meneguhkan hati Maria Magdalena, namun juga para murid lainnya. Kebangkitan Yesus memperbarui hidup murid-murid-Nya termasuk kita orang yang percaya kepada-Nya. Kita bukan lagi menjadi manusia yang berduka dan tanpa pengharapan tetapi kita menjadi manusia yang bersukacita, penuh pengharapan dan mempunyai keyakinan iman yang teguh karena peristiwa kebangkitan-Nya. Itulah manusia Paska. Selamat menjadi manusia Paska.

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *