Menaruh Pikiran dan Perasaan Kepada Kristus

Menaruh Pikiran dan Perasaan Kepada Kristus

Pnt. Daud Dwidjo Oetomo

Bahasan mengacu pada judul ini, paling tidak ada tiga hal yang dapat kita ajukan, yakni sebagai berikut.

1. Mengenal Kristus
Tak kenal maka tak sayang, sebuah ungkapan yang mungkin kita anggap kuno, tetapi masih sering digunakan orang di saat mengawali perkenalan. Kualitas suatu interaksi itu semakin mendalam sangat ditentukan oleh pengenalannya.

Frekuensi dan kualitas pengenalan berdampak langsung pada kualitas sayangnya. Kita diingatkan pada kisah Rasul Petrus yang menangis ketika harus (3x) menjawab pertanyaan yang sama dari Tuhan Yesus (Yohanes 21:16 … apakah engkau mengasihi Aku?).

Penegasan perihal kesungguhan akan kasih terhadap Tuhan merupakan dasar utama untuk suatu panggilan tugas menggembalakan domba-domba Tuhan. Apa yang harus kita persiapkan untuk bisa bergaul dengan Kristus?
2. Mengosongkan Diri
Kita diciptakan segambar dengan rupa Allah. Kesegambaran itu ditandai dengan adanya akal budi (pikiran, perasaan, kemauan) yang memungkinkan kita bisa berinteraksi/bergaul dengan Allah dan menaati-Nya. Tetapi kesegambaran rupa Allah itu sudah rusak karena dosa. Pikiran-perasaan-kemauan kita cenderung melakukan dosa (pola dosa = hidup lama).

Pola lama inilah yang menjadi kendala untuk dapat menaruh pikiran-perasaan-kemauan kita kepada Kristus. Oleh sebab itu, pola lama harus dibuang dan diganti dengan pola baru, yakni pola Kristus. Sudahkan kita merendahkan diri seperti Kristus dan mengosongkan diri kita?
3. Menjadi Hamba dan Taat Sampai Mati
Seorang hamba tidak memiliki hak atas hidupnya sendiri, ia menjalani hidupnya dengan mengabdi secara total kepada tuannya. Inilah sejatinya seorang hamba. Hanya orang yang merendahkan diri dan mengosongkan diri yang bisa menyambut Kristus, dan dimampukan menjadi hamba Kristus.

Orang semacam ini senantiasa merindukan perjumpaan dengan Kristus untuk mendalami firman-Nya dan setia melakukan apapun risikonya. Inginkah kita menjadi hamba Kristus dan setia sepanjang kehidupan?


 

Share

Recommended Posts

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of

wpDiscuz