KOMUNITAS YANG MENYATAKAN BELAS KASIHAN ALLAH

KOMUNITAS YANG MENYATAKAN BELAS KASIHAN ALLAH

Matius 9 : 35 – 10 : 8

Belas kasihan atau welas asih adalah wujud kepedulian emosi manusia atas penderitaan yang dilihat atau dirasakannya, biasanya hal tersebut menggerakan hati manusia untuk kemudian berbuat sesuatu untuk menolong. Namun apakah semua manusia akan berbelas kasihan saat melihat atau merasakan penderitaan tertentu ? jawabannya tidak selalu. Oleh karenanya bisa merasakan belas kasihan adalah suatu anugrah yang Tuhan Allah sudah berikan dalam hati kita dan harus selalu kita jaga dengan cara dekat dengan Tuhan Allah sumber kasih.

“ melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala” (ayat 36)

Menarik sekali bahwa setelah kalimat tersebut, Tuhan Yesus mengajarkan tentang misi manusia dalam dunia, menjadi pekerja di Ladang Tuhan, dengan tuaian yang banyak. Tuhan Yesus memanggil 12 muridNya untuk menjadi pekerjaNya menjadi berkat karena para murid sudah menerima berkat tersebut.

Kita diutus untuk berbelas kasihan pada sesama manusia tetapi juga semua makhluk hidup dalam dunia ini. Berbelas kasihan tidak selalu identik dengan memberikan uang, tetapi dengan apa yang ada pada kita; perhatian, sapaan, bantuan fisik atau apapun juga yang dapat mengurangi penderitaan yang kita lihat atau rasakan tersebut. Sebagai manusia yang terbatas tentunya kita juga pernah merasakan penderitaan, di saat itulah kita bisa merasakan kerinduan pada belas kasihan orang lain, dan apabila kita pernah merasakan ditolong oleh belas kasihan orang lain, itu adalah pekerjaan Tuhan yang menggerakkan hati orang lain untuk menolong kita. Maukah saat ini kita membuka hati agar Tuhan mengajar dan menolong kita memiliki belas kasihan Allah untuk kita bagikan dalam komunitas di sekitar kita?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *