BERJUANG MEMPERTAHANKAN KEPERCAYAAN

BERJUANG MEMPERTAHANKAN KEPERCAYAAN

Matius 14 : 22 – 33

Ada banyak hal yang harus dipertahankan dalam kehidupan ini salah satunya adalah kepercayaan. Percaya dan dapat dipercaya merupakan bagian penting yang tidak boleh hilang dalam hidup orang beriman. Seringkali orang harus berjuang keras untuk mempertahankan kepercayaannya bahkan tidak jarang orang perlu mempertaruhkan hidupnya bagi kepercayaannya. Kisah Yesus berjalan diatas air yang menjadi dasar renungan minggu ini menunjukkan bagaimana kepercayaan para murid kepada Yesus diuji dan mareka harus berjuang mempertahankan kepercayaannya.

Peristiwa tersebut terjadi setelah Yesus melakukan mukjiizat memberi makan 5000 orang yang mengikuti Dia. Kejadian tersebut disaksikan langsung oleh para murid yang sehari-harinya bersama dengan Yesus. Namun peristiwa kapal para murid yang diombang-ambingkan angin sakal di danau Galilea membuat para murid tidak lagi mengenali Yesus yang hadir menjumpainya. Para murid justru mengira Yesus sebagai hantu (ayat26) dan mareka berteriak-teriak ketakutan. Yesus yang selama ini diikuti dan dipercayai tapi dalam peritiwa tersebut Yesus tidak dikenali. Bahkan Petrus masih harus meminta bukti bahwa yang datang adalah benar Yesus gurunya (ayat 28) dengan cara meminta berjalan diatas air juga.

Kehidupan orang beriman seringkali diilustrasikan dengan peristiwa yang dialami para murid di danau Galilea. Keadaan yang berat dan menimbulkan rasa takut seperti penyakit, masalah ekonomi, masalah pekerjaan membuat orang beriman kadangkala tidak dapat mengenali Tuhan. Padahal Tuhan sedang datang menjumpai orang beriman untuk menolongnya. Hal tersebut terjadi karena orang beriman lebih terpusat perhatiannya pada masalah yang dihadapi daripada kepada Tuhan. Bacaan minggu ini mengingatkan kita untuk tetap berjuang mempertahankan kepercayaan kepada Tuhan ditengah masalah yang menimpa kita.

Percaya kepada Tuhan menjadi dasar perjuangan kita.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *