BERJUANG KARENA RAHMAT ALLAH

BERJUANG KARENA RAHMAT ALLAH

Kejadian 32 : 22 – 31

Kisah Yakub bergumul dengan seorang  laki-laki di seberang sungai Yabok pada malam hari sampai dengan fajar menyingsing menarik untuk menjadi perenungan kita minggu ini. Pergumulan tersebut dimenangkan oleh Yakub bahkan Yakub menyatakan tidak akan melepaskan laki-laki tersebut jika ia tidak memberkati lebih dulu. Menurut Ahli Perjanjian Lama laki-laki yang bergumul dengan Yakub tersebut adalah Allah atau mungkin juga malaikat . Hal ini dapat dilihat dari ayat 30. Apakah dengan demikian dapat dikatakan bahwa Allah kalah bergumul dengan Yakub seorang manusia ? Tentu kita akan lebih memahami makna pesan yang tersirat dalam bacaaan tersebut.

Bagian cerita yang menjadi pesan utama adala ayat  28 bahwa Allah menyebut bukan lagi Yakub tetapi Israel yang artinya Yakub telah bergumul melawan Allah dan manusia dan Yakub menang. Pergumulan dalam kisah tersebut mengesankan adanya “perkelahian”. Dalam konteks masa kini setiap orang Kristen juga harus bergumul atau berjuang bersama dengan Tuhan tentu tidak dalam bentuk perkelahian.  Selain itu orang Kristen juga harus berjuang mengalahkan dirinya sendirinya sendiri untuk memenangkan kehendak Tuhan.

Berjuang bersama Tuhan akan membuat orang Kristen merasakan damai sejahtera dan rahmat (berkat)Nya. Sebagaimana Yakub yang telah diberkati dan hidupnya menjadi berkat bagi bangsanya, Tuhan juga menghendaki semua orang Kristen berjuang menjadi berkat bagi sesamanya karena Tuhan telah memberkati lebih dulu. Jadi marilah kita semua hidup bukan saja untuk menerima berkat Tuhan saja tetapi lebih dari itu menjadi saluran berkat bagi orang lain juga.

Hidup akan lebih berarti jika kita bukan saja mendapat tetapi juga menjadi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *