PROFIL GEREJA

GEREJA KRISTEN JAWA EBEN-HAEZER


Tentang Kami


mimbar-gkj-2
gedung-gereja-2

GKJ Eben-Haezer


GKJ Eben-Haezer merupakan jemaat hasil pendewasaan dari GKJ Jakarta wilayah Pasar Minggu. Didewasakan tanggal 26 Juni 1991 dan beralamat di jalan Palapa Raya No 5 Pasar Minggu – Jakarta 12520.

Saat ini memiliki 1.329 orang jemaat terdaftar yang terdiri dari 478 kepala keluarga dengan 646 orang laki – laki dan 683 orang perempuan, yang dilayani 2 orang pendeta serta 28 orang Penatua dan Diaken. Jika kita melihat total jumlah warga tahun 2012 yang hanya 1.315 orang, maka total jumlah warga mengalami peningkatan yang cukup kecil hanya 1 % (14 orang).

Komposisi jemaat GKJ Eben-Haezer di tahun 2013 berdasarkan kelompok usia, didominasi oleh kelompok Dewasa sebesar 43,6 %, diikuti oleh Adi-yuswa (19,6%), Anak (14,5%), Pemuda (14,8%), dan terkecil adalah Remaja (7,5%).

Kebaktian di GKJ Eben-Haezer menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa, Bahasa Jawa khusus digunakan pada Kebaktian minggu IV pagi (pukul.07.00), sedangkan Kebaktian minggu yang lainnya baik pagi (pukul.07.00) maupun sore (pukul.17.00) menggunakan Bahasa Indonesia.


WAKTU IBADAH

Kebaktian Umum
Setiap Minggu, pukul 07.00 & 17.00
di Ruang Ibadah Utama

Kebaktian Pemuda
Setiap Minggu Kedua & Keempat,
pukul 07.00 di Ruang Tiranus (minggu 2)
dan Ruang Firdaus (minggu 4)

Sekolah Minggu
Setiap Minggu, pukul 07.00
dibagi menjadi beberapa kelas

Kebaktian Remaja
Setiap Minggu, pukul 07.00
di Ruang Firdaus & Ruang Siloam (khusus minggu kedua)


OUR VISION

Menjadi Gereja yang Berakar Kuat, Bertumbuh dan Berbuah yang Lebat

Visi ini merepresentasikan keinginan GKJ Eben-Haezer untuk menjadi gereja yang mencintai Firman Tuhan, memiliki pemahaman yang kuat dan benar, serta mampu menjadi garam dan terang bagi lingkungannya. Firman Tuhan yang mendasari Visi tersebut adalah:

  • Kolose 2 : 7 Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu berlimpah dengan syukur”.
  • Yohanes 15 : 7-8 “ Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Dalam hal inilah BapaKu dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid Ku”.

OUR MISSION

“Memberitakan Injil Yesus Kristus dan membina warga gereja menuju kepada penghayatan iman yang sejati”

Rumusan tersebut mengacu kepada Pokok-pokok Ajaran Gereja mengenai “Tugas Panggilan Gereja”, yaitu:
1. Pemberitaan Penyelamatan Allah.
2. Pemeliharaan Keselamatan.

GKJ Eben Haezer terpanggil untuk mewartakan berita sukacita (Injil Yesus Kristus) yang merupakan anugerah keselamatan di dalam diri Tuhan Yesus Kristus dalam bentuk keselamatan bagi setiap orang yang beriman kepada-Nya. GKJ Eben Haezer juga terpanggil untuk melakukan pembinaan kepada orang-orang yang telah menerima anugerah keselamatan tersebut, dalam hal ini adalah warga gereja, sehingga mereka memiliki penghayatan iman yang sejati di dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.


KOMISI PEMELIHARAAN KESELAMATAN DI GKJ EBEN-HAEZER

KOMISI ANAK

Komisi Kategorial

Komisi Anak adalah suatu wadah dimana kita bisa melayani melalui mengajar, membuat aktivitas dan bermain musik. Sasaran utama kami adalah anak-anak dan beberapa program kami juga berkaitan dengan orang tua untuk dapat memaksimalkan pertumbuhan iman anak.

KOMISI REMAJA

KOMISI KATEGORIAL

Komisi Remaja adalah salah satu bagian dari organisasi pelayanan yang beranggotakan jemaat remaja dari usia 1 SMP – 3 SMA yang berjumlah lebih kurang 70 orang jemaat aktif. Kegiatan dalam komisi remaja yang bersifat rutin, yaitu kebaktian Minggu kecuali minggu ke-4 karena merupakan gabungan dengan komisi pemuda, dan Kebaktian Natal Remaja.

KOMISI PEMUDA

KOMISI KATEGORIAL

Komisi Pemuda adalah salah satu bagian dari organisasi pelayanan kategorial dari GKJ Eben-Haezer, beranggotakan jemaat yang berusia 17 tahun (yang sudah mengaku percaya/Sidi) sampai 30 tahun yang belum menikah. Kegiatan rutin yang diadakan Komisi Pemuda antara lain kebaktian pemuda minggu II, kebaktian gabungan pemuda remaja minggu IV, dan olahraga bersama.

KOMISI WANITA

KOMISI KATEGORIAL

Komisi Wanita menjadi payung bagi kegiatan wanita dewasa GKJ Eben-Haezer berusia 30-60 tahun. Program-programnya disusun sesuai kebutuhan para wanita untuk mengaktualisasikan diri dalam pelayanan secara internal maupun eksternal. Tujuan program-programnya adalah untuk memajukan wanita GKJ Eben-Haezer secara keimanan maupun non-keimanan dan dilaksanakan dengan motto “Selalu semangat dalam melayani.”

Komisi Adiyuswa

KOMISI KATEGORIAL

Komisi Adiyuswa adalah salah satu bagian dari organisasi pelayanan dari GKJ Eben-Haezer, beranggotakan jemaat berusia lanjut sekitar 50 tahun ke atas. Komisi Adiyuswa ini mempunyai anggota sekitar 125 orang dari tujuh kelompok pelayanan.Kegiatan rutin antara lain pendalaman rohani dalam bentuk PA berbahasa Jawa; ceramah dan pemeriksaan kesehatan; mendukung kegiatan-kegiatan komisi lain di GKJ Eben-Haezer, misalnya dalam rangka peringatan hari raya gerejawi.

KOMISI PEMBINAAN WARGA GEREJA

KOMISI NON-KATEGORIAL

Komisi Pembinaan Warga Gereja (KPWG) memiliki peran utama untuk melakukan dan mengkoordinasikan pelayanan pembinaan jemaat GKJ Eben-Haezer. Lingkup pelayanan tersebut meliputi usia kategorial anak hingga lansia. KPWG membantu komisi pelayanan bidang kategorial agar mampu mengembangkan pembinaan yang terintegrasi dengan bidang kategorial lainnya, dengan demikian diharapkan pola pembinaan iman jemaat dapat mengarah pada tujuan yang sama, oleh karenanya secara tidak langsung seksi pembinaan komisi kategorial juga merupakan anggota KPWG.

KOMISI KESAKSIAN & PELAYANAN

KOMISI NON-KATEGORIAL

Gereja Kristen Jawa Eben-Haezer dalam memenuhi panggilan Tuhan sebagai gereja Pewarta Kasih yang melayani dan bersaksi, bagi jemaat maupun masyarakat sebagai bentuk pernyataan kasih Tuhan kepada sesama, jemaat melalui majelis membentuk badan pelaksana yang diberi nama Komisi Kesaksian dan Pelayanan GKJ Eben-Haezer, yang sering disebut Komisi “Kespel”.

KOMISI KESENIAN

KOMISI NON-KATEGORIAL

Kesenian khususnya musik dan puji-pujian adalah suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan bergereja. Tahta Allah dimuliakan melalui musik, pujian dan bentuk kesenian lainnya. Melalui segala bentuk kesenian, apakah itu musik, pujian , tari-tarian dan drama yang berkenan di hadapan Allah, banyak jiwa yang memperoleh kelegaan dan kedamaian.

KOMISI KOMUNIKASI

KOMISI NON-KATEGORIAL

Komisi Komunikasi adalah salah satu bagian organisasi pelayanan yang beranggotakan jemaat yang merasa memiliki kerinduan dalam hal pelayanan peliputan baik fotografi, penulisan, maupun website. Kegiatan dalam Komisi Komunikasi pada umumnya adalah meliput kegiatan yang setiap kali diadakan oleh setiap Komisi atau Bebadan yang ada di gereja serta acara-acara besar yang diadakan di GKJ Eben-Haezer seperti Paskah, MPDK, Ulang Tahun GKJ Eben-Haezer, Bulan Keluarga dan Natal.

PEMBERITAAN KESELAMATAN DI GKJ EBEN-HAEZER

Komisi Kesaksian & Pelayanan

PEMBERITAAN KESELAMATAN

Pemberitaan melalui berbagai tindakan pelayanan kasih dan kesaksian yang misioner sebagai wujud gereja yang tidak berpuas untuk dirinya sendiri

Komisi Beasiswa

PEMBERITAAN KESELAMATAN

Pemberian bantuan beasiswa sekolah bagi anggota jemaat maupun masyarakat umum

Komisi Kesenian & Kebudayaan

PEMBERITAAN KESELAMATAN

Pemberitaan melalui kesenian dan kebudayaan gerejawi (kesenian dan kebudayaan yang diterapkan atas praktek atau pelayanan gereja)

BEBADAN DI GKJ EBEN-HAEZER

Badan Pengurus Gerakan Orangtua Asuh (BP-GOTA)

BEBADAN

Dimulai dengan menyantuni anak-anak di lingkungan intern GKJ Eben-Haezer, hingga saat ini dikenal di daerah Lampung dan Jawa Tengah Selatan, daerah Gombong-Purwokerto dan sekitarnya. Badan ini dalam pelayanannya mencari dana sendiri. Berkat dukungan doa dan dana dari jemaat GKJ Eben-Haezer, badan ini diberkati Tuhan untuk menyantuni anak didik mulai SD hingga SMU/SMK, bahkan mahaiswa.

Badan Usaha Dana dan Pengembangan Aset & Fasilitas Gereja

BEBADAN

Badan Usaha Dana dan Pengembangan Aset & Fasilitas Gereja
Badan Usaha Dana dan Pengembangan Aset dan Fasilitas Gereja (BUDPAFG) merupakan kepanjangan tangan dari Majelis yang dibentuk untuk membantu dalam penghimpunan dana serta pengembangan aset dan fasilitas gereja. BUDPAFG dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Majelis GKJ Eben-Haezer No 19/SK/MG/II/2012 tanggal 04 Maret 2012 dan No 30/SK/MG/VI/2012 tanggal 15 Juni 2012.

Tim Formatur Kepanitiaan

BEBADAN

Tim Formatur merupakan sebuah Tim yang dibentuk oleh Majelis GKJ Eben-Haezer untuk merancang dan merumuskan kegiatan, serta menyusun kepanitiaan hari-hari besar di GKJ Eben-Haezer. Tim ini dibentuk untuk mensinergikan sember-sumber daya tiap-tiap kelompok, kemudian memberdayakan sumber-sumber daya tersebut berdasarkan kemampuan masing-masing personal dari tiap kelompok secara terpusat. Tim Formatur ini terdiri atas 7 (tujuh) orang, masing-masing orang dipilih oleh majelis kelompok.

Perkumpulan Pelayanan Kematian (PPK) “Eben-Haezer”

BEBADAN

Dengan adanya keinginan untuk mengelola suatu pelayanan kematian secara mandiri, akhirnya setelah melalui berbagai pertimbangan dan masukan dari jemaat maupun Komisi Kespel, Rapat Majelis Lengkap tanggal 8 Februari 2002 memutuskan untuk membentuk suatu Perkumpulan Pelayanan Kematian bagi warga jemaat GKJ Eben-Haezer. Dengan mempertimbangkan hasil keputusan rapat tersebut, Majelis menetapkan untuk mendirikan suatu perkumpulan pelayanan kematian dengan nama “Perkumpulan Pelayanan Kematian Eben-Haezer”.



wilayah
Wilayah Pelayanan GKJ Eben-Haezer

Berdasarkan wilayah pelayanan, GKJ Eben-Haezer memiliki 7 (tujuh) wilayah atau kelompok yang terbagi menjadi : wilayah Depok dan sekitarnya (kelompok Destara); wilayah Pasar Minggu Selatan (kelompok Paseltan); wilayah Pasar Minggu, Ragunan dan Cilandak (kelompok Paragulan); Wilayah Pasar Minggu Utara (kelompok Pasutra); wilayah Pancoran dan Duren Tiga (kelompok Pandur); wilayah Tebet, Kebon Baru, dan Bukit Duri (kelompok Teruri) dan wilayah Menteng Pulo, Kampung Bali Matraman dan Menteng Atas (kelompok Pulobalimentas).